Cara Membersihkan Kaca Mobil Agar Tidak Cepat Lecet

Mengelap kaca mobil menggunakan kanebo merupakan hal yang umum dan sudah biasa terjadi. Bahan pada kanebo yang bersifat dapat menyerap air dan juga terbuat dari material rubber atau karet dapat membersihkan permukaan mobil dengan baik.

Namun tahukah anda, bahwa hal tersebut sebenarnya salah. Karena pada dasarnya kanebo tidak memiliki ruang untuk menyerap kotoran, sehingga dapat menyebabkan body mobil bergesekan dengan debu atau kotoran. Hal ini tentunya dapat menyebabkan lecet pada body mobil.

Ketika membersihkan mobil, alangkah baiknya jika membersihkan permukaan mobil dengan cara dicuci, bukan hanya dilap menggunakan kanebo. Namun jika memang tidak ada waktu untuk mencuci mobil, dapat juga menggunakan kain microfiber untuk mengelap debu yang menempel.

Kain microfiber mempunyai dua bagian sisi yang memiliki fungsi khusus. Yaitu sisi halus untuk mengangkat debu, dan salah satu sisi lainnya untuk mengeringkan. Bahkan kain microfiber dapat menyerap air hingga 300 ml.

Untuk menambah hasil yang maksimal ketika mencuci mobil, sebaiknya gunakan cairan pembersih yang memang digunakan untuk membersihkan mobil. Dan juga perhatikan beberapa cara untuk membersihkan kaca mobil dengan baik berikut ini:

  1. Angkat Wipper

Wipper merupakan alat penyeka pada kaca mobil yang biasa berfungsi menyeka air saat hujan turun. Sebaiknya bagian bawah wipper juga turut dibersihkan saat mencuci mobil dengan cara mengangkatnya. Jangan turunkan wipper selagi dalam proses membersihkan hingga debu dan air benar benar hilang.

  1. Gunakan Pembersih yang Disarankan

Menggunakan cairan pembersih dapat membersihkan kotoran tersendiri yang ada pada kaca mobil. Jadi jangan gunakan pembersih yang sekiranya dapat merusak lapisan kaca mobil.

  1. Usap Kaca Secara Searah

Hal ini sebenarnya sama dengan teknik mewarnai pada anak TK dan SD. Yakni mengusap bagian kaca dengan satu arah. Jika suka dengan arah naik turun, sebaiknya bersihkan kaca dengan posisi naik turun hingga selesai. Namun jika suka dengan posisi horizontal, gunakan arah dari kiri ke kanan dan begitu seterusnya hingga selesai.

Kegiatan ini dapat memperkecil goresan yang akan terjadi pada kaca mobil.  Serta dapat melatih karakter agar konsisten dalam melakukan sebuah hal.

  1. Bersihkan Debu Tipis dengan Kemoceng

Sebelum melakukan beberapa langkah di atas, sebaiknya debu halus pada mobil dibersihkan terlebih dahulu dengan kemoceng. Namun jika tidak memiliki kemoceng dengan permukaan yang halus, sebaiknya langsung saja siram permukaan mobil dengan air yang mengalir.

Itu tadi beberapa cara untuk membersihkan kaca mobil dengan baik. Mencegah dan merawat mobil agar tidak lecet merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan terutama oleh pemilik mobil. Hal ini juga dapat menunjang agar nampak lebih percaya diri ketika menggunakan mobil untuk kepentingan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *